Sunday 1 December 2013

Masa Adven Natal

Lingkaran Natal
Heii.. lihat background blog ini hujan salju! Dan lihat pula gambar Lingkaran Natal ini! Berarti Natal sudah dekat...
Senang sekali hari ini saya dapat memposting tulisan pertama saya di blog ini .
Sengaja saya memilih hari ini untuk mengawali blog ini karena hari ini adalah Tahun Baru! Ya, tahun baru dalam kalender liturgi katolik. 
Hari ini adalah hari pertama Minggu Adven ke 1, yang merupakan awal tahun liturgi kita, dan sekarang kita masuk ke Tahun A ( 1 Desember 2013 - November 2014 ).

Sebenarnya dalam hati saya, sempat timbul pertanyaan, mengapa tahun liturgi kita diawali dari Masa Adven? Kenapa kok bukan diawali dari Hari Natalnya sekalian? Padahal kalau dikaitkan bahwa arti Natal adalah kelahiran, sepertinya akan tepat jika kalender liturgi diawali dari saat kelahiran (Natal)? Bukankah kita manusia juga mengawali hidupnya dengan kelahiran?

Pertanyaan di atas sempat melintas di benak saya. Namun kemudian saya menyadari bawa Masa Adven merupakan satu kesatuan dengan Natal itu sendiri. Karena Masa Adven adalah masa persiapan untuk menyambut Natal. Bagaimana mungkin jika kalender liturgi diawali dengan Hari Natal, maka apakah akan diakhiri dengan Masa Adven? Diakhiri dengan 'masa persiapan'? Kan tidak masuk akal.

Makna Adven

Kata Adven berasal dari Bahasa Latin  'Adventus' yang berarti 'kedatangan'. Maka Masa Adven menjelang Natal ini dimaksudkan sebagai masa persiapan untuk menyambut kedatangan / kelahiran Yesus sebagai Sang Juru Selamat. Ketentuan tentang Masa Adven ini adalah bahwa Masa Adven selalu dimulai pada hari minggu terdekat dengan hari raya St. Andreas, dan akan berlangsung selama 4 minggu (meskipun minggu terakhirnya seringkali tidak genap karena terpotong dengan tibanya Hari Raya Natal).

Setiap tahun kita biasa mempersiapkan datangnya Hari Raya Natal. Kita biasa mempersiapkannya dengan memasang pohon cemara, dengan Gua Natal, dengan lagu-lagu Natal, dengan kue-kue & hadiah Natal, dsb. Namun seiring dengan semakin dewasanya kita, maka kita harus bertanya 'sudahkan kita mempersiapkan - bukan hanya datangnya Hari Raya Natal - melainkan  mempersiapkan datangnya kelahiran Yesus?'. Titik beratnya bukan hanya di perayaannya - dalam pengertian pestanya - , tapi yang utama di Yesus-nya. Yesus yang akan datang dan akan masuk dan tinggal di dalam diri kita? Seberapa pantaskah kita bagi Dia?

Itulah sebabnya di dalam gereja selama Masa Adven ada suatu pemandangan yang tidak biasanya yaitu dengan adanya Lingkaran / Corona Natal seperti gambar di atas. Lingkaran yang terbuat dari daun-daun hijau dengan 4 buah lilin : 3 lilin ungu & 1 lilin merah muda. Ke-4 buah lilin akan dinyalakan satu demi satu setiap minggu, hingga pada minggu ke 4 semua lilin menyala. Ini melambangkan pertobatan (warna ungu) kita dari minggu ke minggu hendaknya semakin besar. Pada minggu adven ke 3 (disebut juga Minggu Gaudete / minggu sukacita), dinyalakan lilin merah muda, dimana warna merah muda merupakan hasil perpaduan dari warna ungu (pertobatan) dengan warna putih (warna sukacita karena Natal sudah dekat). Keberadaan Lingkaran Natal ini untuk mengingatkan kita akan pertobatan yang kita lakukan untuk menyambut kedatangan Allah yang inkarnasi menjadi manusia dalam peristiwa Natal.

Apa Yang Harus Kita Lakukan ?

Menilik pentingnya Masa Adven sebagai masa persiapan untuk menyambut kelahiran Tuhan, maka Gereja Katolik menganjurkan hal-hal berikut selama Masa Adven :
  • Bertobat : Masa Adven adalah masa pertobatan. Pertobatan dalam gereja ditandai dengana warna liturgis yaitu ungu. Ditandai pula dengan ditiadakannya pujian Kemuliaan sampai pada saat Natal. Masa ini harus diisi dengan banyak melakukan introspeksi diri dan berdoa memohon pengampunan. Dan puncaknya dengan menerima Sakramen Tobat.
  • Menyambut Ekaristi : Kerinduan yang mendalam akan Kristus menjadikan kita ingin lebih sering menerima Ekaristi agar kita senantiasa bersatu dalam Dia.
  • Tidak melakukan perayaan Natal sebelum masa pertobatan kita selesai. Artinya kita menyelenggaran perayaan Natal pada tanggal 25 Desember 2013 atau sesudahnya sampai dengan penutup masa Natal yaitu pada Pesta Pembaptisan Tuhan yang nanti akan jatuh pada tanggal 12 Januari 2014.

Demikian posting pertama ini saya sambut dengan sukacita. Semoga berguna bagi pembelajaran saya pribadi dan pembaca sekalian. Serta semoga akan terus berlanjut dengan posting-posting berikutnya. 



Comments
2 Comments

2 comments:

Wiryawan said...

Hore... my first post...

Wiryawan said...

Maaf belum berfungsi dgn baik u google+ comments ...